foto di ambil dari http://lintahindonesia.wordpress.com/2009/12/28/binahong-tanaman-obat-berjuta-khasiat/

Foto di ambil dari http://lintahindonesia.wordpress.com

Beberapa waktu yang lalu saya dikejutkan oleh keampuhan dari daun tanaman menjalar, daun dari tanaman ini bisa dengan cepat menyembuhkan luka, dan juga sariawan, berawal dari anak saya (2 tahun) yang jatuh dan mulutnya terkena besi saat terjatuh, maka lukalah mulut dan bibirnya pecah, kemudian ibu saya mengolesi bekas luka anak saya dengan daun yang tumbuh disekitar rumah, diremas remasnya daun tersebut lalu di oleskan pada luka anak saya, istri saya sudah panik, karena yakin pasti akan susah makan nih nanti anak ini, tapi ternyata kurang dari setengah jam anak saya di beri makan dia dengan lahapnya makan nasi tanpa merasakan rasa sakit pada bekas luka jatuhnya, ibu saya menyebut daun tersebut sebagai daun binahong, dan istri saya juga mengambil umbi daun tersebut untuk di tanam dirumah, rencana buat obat juga, sore harinya datang tante saya, seorang dokter ahli bedah, sebuah rumah sakit di palembang, dia terkena infeksi pada kakinya, kemudian dia juga di beri daun binahong ini oleh ibu saya dan keesokan harinya dia datang lagi meminta beberapa lembar daun tersebut, karena infeksinya mengering setelah di olesi daun tersebut. padahal sebelumnya lukanya tidak kering kering, walau sudah di beri berbagai obat paten.

Hebat yaa daun ini….

Setelah beberapa waktu pula saya kembali teringat akan kehebatan daun ini, maka saya segera meluncur ke Google, apakah ada informasi tentang daun binahong ini.. wahh ternyata sudah banyak informasi tentang daun binahong di dunia maya, dan saya tidak salah tentang kehebatan daun ini..

Berikut adalah kutipan yang saya dapat dari google tepatnya dari wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Binahong (Latin : Bassela rubra linn, Inggris : Heartleaf maderavine madevine, Cina : Deng san chi) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970an[2]. Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya.

Binahong merupakan tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang +/- 5 m. Akar berbentuk rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 – 10 cm, lebar 3 – 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan. Bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 – 1 cm, berbau harum.

Perbanyaan Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya.

Sejak dahulu Binahong telah dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu khasiatnya adalah untuk menyembuhkan luka, luka terkena benda tajam maupun luka terkena benda tajam.

Cara menggunakan Binahong sebagai obat luka adalah sebagai berikut :

  • Ambil beberapa helai daun binahong
  • Remas hingga menjadi lembut dan berlendir
  • Tempelkan pada area luka, tunggu sebentar maka luka nada akan mengering

Khasiat

Berikut adalah beberapa khasiat dari tanaman ini :

  • Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
  • Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  • Mencegah stroke, maag, asam urat.
  • Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  • Wasir (ambeien)
  • Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
  • Diabetes dll.
  • Sariawan berat.
  • Pusing-pusing.
  • Sakit perut

Nama lain

  • Latin : Bassela rubra linn
  • Indonesia : Binahong
  • Cina : Deng san chi
  • Inggris : Heartleaf maderavine madevine